ANALISIS VEGETASI METODE KUADRAT PDF

Metode Teknik Analisis Vegetasi merupakan cara mempelajari dan Bentuk unit sampling dalam survey vegetasi dapat berupa kuadrat, garis dan titik. Oleh karena itu melalui metode minimal area, dengan mudah kita patokan dalam analisis vegetasi dengan metode kuadrat (Anonim, ). KSA dapat digunakan untuk menentukan luas kuadrat tunggal minimum yang Metode dalam Analisa Vegetasi Dalam analisa vegetasi ini.

Author: Akinozilkree Vurn
Country: Lithuania
Language: English (Spanish)
Genre: Education
Published (Last): 21 September 2018
Pages: 321
PDF File Size: 6.32 Mb
ePub File Size: 8.4 Mb
ISBN: 820-3-93729-419-1
Downloads: 78745
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Samuzshura

Pada plot 1, minimal area optimum didapatkan pada area 1m x 1m. Setelah itu ditarik garis singgung pada kurve yang sejajar resultante tersebut.

MINIMAL AREA.docx

Dengan menggunakan kurva ini, anailsis dapat ditetapkan: Menurut Soerianegara petak-petak tersebut dapat berupa petak tunggal, petak ganda ataupun berbentuk jalur atau dengan metode tanpa petak. Hari Tanggal Pukul 3.

Maka untuk menentukan luas plot minimum dapat dibuat kurva minimal area dengan menggunakan data luas pada sumbu X dan jumlah spesies pada sumbu Y. Untuk vegetasi lumut kerak, misalnya di perlukan ukuran 1cm2.

Cuplikan yang dibuat kemudian diulangi lagi sehingga menggambarkan suatu jumlah minimumnya artinya tidak ada lagi penambahan spesies pada cuplikan yang telah dibuat Rahardjanto, Tumbuhan yang hidup dipermukaan tumbuhan lain biasanya pohon dan palma. Metode ini terutama berguna dalam mereproduksi secara tepat tepi-tepi vegetasi dan menentukan letak tiaptiap spesies yang vegetasinya tidak begitu rapat.

  CATALOGO UNIPAPEL 2011 PDF

Daerah minimal yang mencerminkan kekayaan. Kepadatan, kerimbunan dan frekuensi. Melakukan korelasi antara perbedaan vegetasi dengan faktor lingkungan tertentu atau beberapa faktor lingkungan Greig-Smith, Is the minimal model too minimal?

Pada plot 1 dengan luas 0,5 x 1 m ditemukan 2 penambahan spesies yaitu spesies Aspalum conjugatum dan Acirantes aspira. Penutupan relatif dicatat, jadi persentase tanah yag tertutup vegetasi. Skip to main content. Keadaan ini dapat dikembalikan kepada sifat umum suatu vegetasi yaitu vegetasi berupa komunitas tumbuhan yang dibentuk oleh populasi-populasi.

Dengan menggunakan kurva ini, maka dapat ditetapkan: Sedangkan pada plot 3, minimal area optimum didapatkan pada area 1m x 2m.

Penyebaran secara semi acak dan semi sistematik Rahadjanto, Ilmu Lingkungan dan Ekologi. Untuk suatu kondisi hutan yang luas, maka kegiatan analisa vegetasi erat kaitannya dengan sampling, artinya kita cukup menempatkan beberapa petak contoh untuk mewakili habitat tersebut. Permudaan dengan tinggi 1,5 m sampai anakan berdiameter kurang dari 10 cm.

Dengan ordinasi diperoleh releve vegetasi dalam bentuk model geometrik yang sedemikian rupa sehingga releve yang paling serupa mendasarkan komposisi spesies beserta kelimpahannya akan rnempunyai posisi yang saling berdekatan, sedangkan releve yang berbeda akan saling berjauhan.

Karena titik berat analisa vegetasi terletak pada komposisi jenis dan jika kita tidak bisa menentukan luas petak contoh yang kita anggap dapat mewakili komunitas tersebut, maka dapat menggunakan teknik Kurva Spesies Area KSA.

Suatu syarat untuk daerah pengambilan contoh haruslah representatif bagi seluruh vegetasi yang dianalisis.

  LEOPOLDO LUGONES UN FENOMENO INEXPLICABLE PDF

Selain itu diukur pula jarak antara pohon terdekat dengan titik pusat kuadran. Penyebaran secara merata 3. Komunitas tidak harus merupakan suatu daerah luas dengan tumbuhan biasanya bersifat analosis dan tidak mudah diberi warna menurut satu, dua spesies yang paling berkuasa sebagai mana umum didaerah beriklim vegetasii.

Tumbuhan yang memiliki kayu yang cukup besar, dan memiliki tangkai yang terbagi menjadi banyak subtangkai. Abrus precatorius Linn dan Bambusa vulgaris 2 m x 2 m: Apabila seluruh jenis tumbuhan sudah tercatat, perluas kuadrat tadi menjadi dua kali semula yaitu 25×50 cm, catat kembali penambahan jenis tumbuhan pada ukuran yang telah diperluas tadi. Mempelajari tegakan hutan, yaitu pohon dan permudaannya.

Yudimi Arsepta –

Percontohan yang diambil dianggap Sp1, Rhoeodiscolor, Mimosa 4 5 Sp1, Rhoeodiscolor, Mimosamemadai bila seluruh atau sebagian besar jenis tumbuhan pembentuk vegetasi ini akan didapatkan suatu luasan terkecil yang dapat mewakili vegtasi. Permudaan mulai dari kecambah sampai anakan kurang dari 1.

Akan tetapi dalam praktikum kali ini hanya menitik beratkan pada penggunaan analisis dengan metode kuadran. Tumbuhan seperti kayu atau berumput yang tidak berdiri sendiri namun merambat atau memanjat untuk penyokongnya seperti kayu atau belukar.

Back to top